Rabu, 22 Mei 2013

Teknis Pelaksanaan Lomba Water Rocket


Sesi Presentasi Water Rocket
a.    Peserta membuat Slide Presentasi menggunakan Ms. Power Point di Sekolah atau tempat masing-masing terlebih dahulu.
b.    Materi Slide berisi tentang Water Rocket yang akan dibuat Peserta meliputi Ilmu yang diterapkan.
c.    File disimpan pada FlashDisk. Lalu disertakan CD yang berisi Materi Slide untuk diserahkan pada Panitia Pelaksana Perlombaan Water Rocket.
d.    Masing-masing Peserta diberi waktu 10 menit untuk Presentasi.
e.    Peserta akan mendapat pertanyaan dari Juri dan memiliki waktu 5 menit untuk menjawab.
f.      Sistem yang digunakan adalah ketuk palu tepat waktu.


Sesi Perakitan Water Rocket
a.    Peserta diberi waktu 120 menit (2 Jam)  untuk melakukan perakitan Roket.  (Panitia akan meniupkan peluit 1x tanda perakitan dimulai)
b.    Apabila Peserta datang terlambat, tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Peserta tidak diberikan waktu tambahan dan tetap mengikuti waktu yang telah ditetapkan.
c.    Panitia akan meniup peluit  setiap 30 menit waktu perakitan dan apabila waktu perakitan selesai Panitia akan meniup peluit panjang tanda perakitan selesai.
d.    Apabila waktu perakitan selesai Peserta dilarang untuk menambahkan maupun mengurangi seluruh bentuk Roket yang telah dibuat, apabila Peserta diketahui melakukakan kecurangan akan dikurangi nilainya sebanyak 20 point dan di akumulasikan dengan point akhir. Apabila terjadi kecurangan fatal Peserta dapat di diskualifikasi oleh Panitia.
e.    Kecurangan fatal ialah Peserta terbukti merusak komponen atau Roket Peserta lain secara sengaja, membuat keributan atau kerusuhan.
f.        Dilarang menggunakan alat bantu apapun pada Roket, kecuali ditetapkan oleh Panitia.
g.    Botol yang digunakan adalah jenis Coca-cola 1,5L yang disediakan oleh Pantia.
h.    Masing-masing Tim mendapat 4 Botol Coca-cola.
i.        Roket yang dibuat adalah Roket dengan sistem Dua Tingkat, yaitu dengan satu botol sebagai ruang kompresi (Ruang Tekanan Roket).
j.        Roket terdiri dari Nose, Selongsong, Fin dan Ruang Kompresi.
k.    Bahan Pembuat roket yang belum tercantum pada syarat ini diserahkan pada peserta sesuai dengan riset masing-masing.

 Sesi Peluncuran Water Rocket
a.    Bahan pendorong Roket ialah campuran antara air mineral dengan udara yang bertekanan.
b.    Launcher, Pompa, Nozzle, Landasan Launcher (bisa digunakan atau tidak digunakan ketika saat pertandingan).
c.    Air mineral untuk bahan pendorong disediakan oleh panitia
d.    Peluncuran dilakukan 2x
e.    Jika terjadi kegagalan maka peserta diberi point nol, dan melakukan Peluncuran yang kedua/yang terakhir.
f.        Peserta diberikan kebebasan untuk menentukan sudut peluncuran, arah peluncuran, volume air dan tekanan pada Roket yang akan diluncurkan.
g.    Launcher dan Peserta harus berada pada zona persiapan hingga peluncuran Roket selesai.
h.    Peserta diberikan waktu total 5 menit, perbaikan Roket dan Launcher yang dihitung sejak peserta masuk pada zona persiapan sampai Peluncuran selesai.
i.        Setelah perhitungan waktu berjalan, Peserta melakukan persiapan berupa pengaturan sudut dan arah peluncuran, kemudian dilanjutkan dengan pengisian air dan tekanan udara ke Roket.
j.        Setelah persiapan selesai, Roket siap diluncurkan.
k.    Tidak boleh ada bagian Roket yang terlepas atau patah saat Roket meluncur kecuali udara dan air sebagai bahan pendorong.
l.        Apabila terdapat (Tim A) yang dipanggil sebanyak 3x berturut turut untuk melakukan peluncuran dan belum memasuki lapangan maka akan didiskualifikasi dan dilewati tim selanjutnya (Tim B).
m.  Keputusan Dewan Juri dan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar