Minggu, 10 Maret 2013

Radar ATC Mati, Human Error atau Technical Error?

(Jakarta, 16/12/2012) Pada Minggu Sore (16/12) dilaporkan terjadi gangguan pada Tower Air Traffic Control (ATC) Bandara Internasional Soekarno Hatta (BISH). Akibat dari kejadian ini, 2 pesawat Lion air yang hendak mendarat hampir bertabrakan (bear miss).
Kalian mungkin bertanya – Mengapa bandara berkelas internasional soekarno hatta dapat mengalami hal yang demikian? Lalu apa penyebab sebenaranya yang terjadi selama insiden tersebut? Dan untuk tingkat teknik penerbangan S1 akan mencari jalan keluar agar insiden ini tidak terjadi lagi. Sebelum masuk ke artikel utama kami akan menjelaskan satu persatu apa itu ATC? Komponen pembantu ATC? Dan pembahasan singkat mengenai kejadian sebenarnya.


ATC (Air Traffic Control)
Pemandu Lalu Lintas Udara (bahasa Indonesia) adalah profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. ATC atau yang disebut dengan Air Traffic Controller juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu Pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara). ATC adalah rekan terdekat pilot selama di udara, peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan penerbangan. Semua aktivitas pesawat di dalam Manoeuvring Area diharuskan mendapat mandat terlebih dahulu dari ATC, yang kemudian ATC akan memberikan informasi, instruksi, Clearance/mandat kepada Pilot sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan, semua komunikasi itu dilakukan dengan peralatan yang sesuai dan memenuhi aturan. ATC merupakan salah satu media strategis untuk menjaga kedaulatan suatu wilayah/suatu negara.

Berikut ini adalah tujuan pelayanan lalu lintas udara yang diberikan oleh ATC berdasarkan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) dan annex 11 mengenai air traffic center :
Mencegah tabrakan antarpesawat.
Mencegah tabrakan antarpesawat di area pergerakan rintangan di area tersebut.
Mempercepat dan mempertahankan pergerakan lalu lintas udara.
Memberikan saran dan informasi yang berguna untuk keselamatan dan efisiensi pengaturan lalu lintas udara.
Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan organisasi yang dipersyaratkan.

Diatas merupakan bahasan mengenai ATC. Menurut Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Trisno Heriyadi, penyebab radar di bagian ATC tower mati lantaran adanya UPS yang terbakar sekitar pukul 16.55 WIB. Dari pernyataan Corporate Secretary PT Angkasa Pura II kita mendapat masalah baru ternyata UPS bandara Soekarno Hatta terbakar. Mungkin kita bertanya  apa itu UPS?seberapa penting UPS bagi kelancaran ATC? 

UPS (Uninteruptible  Power Supply)
,adalah suatu alat listrik yang menyediakan daya darurat untuk beban ketika daya input sumber, biasanya daya listrik padam. Sebuah UPS berbeda dari tambahan atau sistem daya darurat atau generator siaga dalam hal itu akan menyediakan dekat-instan perlindungan dari gangguan listrik masukan, dengan menyediakan energi yang tersimpan dalam baterai. Sebuah UPS berbeda dari tambahan atau sistem daya darurat atau generator siaga dalam hal itu akan menyediakan dekat-instan perlindungan dari gangguan listrik masukan, dengan menyediakan energi yang tersimpan dalam baterai.  Sebuah UPS biasanya digunakan untuk melindungi komputer , pusat data , telekomunikasi peralatan atau peralatan listrik lain di mana suatu gangguan listrik tak terduga dapat menyebabkan cedera, kematian, gangguan bisnis yang serius atau kehilangan data.
Mungkin kita bingung, UPS yang sejatinya berfungsi untuk menyediakan daya darurat ketika daya listrik padam tapi ini mengapa bisa UPS kelas BISH dapat terbakar.  Padahal UPS BISH sudah dilengkapi dengan automatic switch (sakalar otomatis untuk memindah ke UPS backup secara otomatis). Setelah di langsir ternyata autamtic switch pun ikut terbakar. lalu mengapa automatic switch yang sejatinya hal vital saat main UPS rusak(terbakar) harus ikut terbakar juga?

Menurut data – data yang kami peroleh UPS yang berada pada Bandara Soekarno Hatta sudah berumur 15 tahun. UPS hanyalah penyedia daya yang berupa baterai kering. Bayangkan  saja jika anda memiliki pembangkit daya berupa baterai dan berumu belasan tahun pastinya pada saat itu sudah muncul tanda – tanda kerusakan pada baterai tersebut. Contoh pada baterai ponsel saja, jika ponsel sering di gunakan maka baterai pun akan cepat habis setelah habis kita mengisi daya baterai tersebut (charge). Jika kita melakukan kegiatan charge terus menerus selama 2 tahun saja pasti umur baterai tersebut juga akan berkurang. Mungkin itu juga yang di alami oleh UPS bandara Soekarno Hatta. Kurangnya perawatan, kurangnya dana, kurangnya kepedulian SDM  terhadap suatu benda sering menjadi penyebab beberapa insiden yang  terjadi di tanah air ini.

Sebagai sarjana Teknik Penerbangan kita patut mencari jalan keluar agar inisiden ini tidak terjadi lagi. Mungkin ini bisa menjadi referensi kita kelak ketika kita sudah berhadapan langsung dengan barang – barang tersebut.

Update 
Bila pihak bandara akan membeli UPS yang baru hendaknya UPS yang baru di beri tanggal kapan benda itu di beli dan di pasang sebagai item bandara sehingga kita tidak lupa kapan waktu pemsangannya dan rentang waktu kemungkinan UPS itu harus melakukan perawatan ataupun penggantian.

Tempat
Dengan melihat pengalaman yang ada automatic switch ikut terbakar saat main UPS terbakar. Maka dari itu sangat disarankan untuk menaruh automatic switch aga berjauhan dengan main UPS. 

Pemeriksaan Rutin
UPS modern sudah terintegrasi dengan software monitoring yang terpampang pada layar monitor sehingga kita dapat memonitori keadaan baterai tersebut.

Pergantian UPS
Umur UPS memang ada rentang umurnya sehingga pihak bandara harus memiliki dana cadangan untuk pergantian UPS yang sudah tua umurnya.

Demikianlah ulasan mengenai insiden matinya radar ATC Soetta yang di akibatkan oleh terbakarnya UPS. Menurut kesimpulan kami tidak ada asap jika tak ada api. Artinya walaupun saat insiden terjadi UPS pada saat itu terbakar dan automatic switch pun ikut terbakar sehingga UPS backup harus di aktifkan secara manual. Meurut kami terbakarnya UPS bisa terjadi karen kurangnya perawatan dari pihak bandara dan tidak pedulinya terhadap umur UPS. Jadi, walaupun pada saat insiden terjadi technical errror yang menjadi pemicunya, tapi technical error terjadi juga tidak bisa tertutupi oleh human error.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar